Life doesn't get easier, you just get stronger

Minggu, 23 Juni 2013

Bidang-bidang Manajemen Yang Ada Dalam Sebuah Perusahaan

Manajemen merupakan suatu proses yang terdiri atas kegiatan-kegiatan mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian, dan pengendaliaan yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Dalam suatu perusahaan manajemen dibagi menjadi beberapa bidang. Bidang manajemen tersebut terbagi menjadi 5 bidang, yaitu:

  1. Manajemen produksi, merupakan pelaksanaan kegiatan-kegiatan manajerial seperti perencanaan, pengorganisasian, dan pengawasan terhadap sistem-sistem produksi dengan tujuan agar produksi dapat berjalan secara efektif dan efisien.
  2. Manajemen pemasaran, merupakan penerapan fungsi-fungsi manajemen dalam kegiatan penciptaan dan penyerahan barang atau jasa kepada konsumen atau masyarakat, agar dapat memperluas pasar bagi kemajuan suatu perusahaan atau industri.
  3. Manajemen sumber daya manusia (SDM), merupakan ilmu dalam perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan dalam hal pengadaan, pengembangan, pemberian kompensasi, pengintegrasian dan pemeliharaan terhadap sumber daya manusia secara terpadu untuk mencapai tujuan organisasi.
  4. Manajemen keuangan, merupakan aktivitas dari pada fungsi manajemen untuk menyediakan segala kebutuhan finansial yang berkaitan dengan operasional perusahaan dan organisasi.
  5. Manajemen administrasi, adalah cara mengajukan informasi mengenai administrasi atau akuntansi sedemikian rupa sehingga dapat membantu manajemen dalam menentukan garis-garis kebijaksanaan dan operasional sehari-hari dari pada suatu usaha.

Bidang manajemen tersebut dibentuk agar pekerjaan lebih efisien. selain itu karyawan terfokus dalam bidang pekerjaannya masing-masing. Bila terjadi kesalahan pun mudah mencari letak kesalahannya terjadi dalam bidang mana.

2 komentar:

  1. hai. ada materi yang lebih lengkap ga tentang management tsb baik operasional dan yang lainnya
    thanks :D
    f085274304319@gmail.com

    BalasHapus
  2. thanks gan sangat bermanfaat

    http://www.mastahbloging.com/

    BalasHapus