Life doesn't get easier, you just get stronger

Kamis, 19 Maret 2015

Tergantikannya BlackBerry dengan Android Sebagai Raja Pasar Smartphone

     Saat ini persaingan produsen smartphone semakin ketat. Masing-masing produsen berlomba-lomba menciptakan smartphone baru yang lebih canggih supaya bisa menyaingi para pesaingnya. Sistem operasi smartphone tersebut berbeda-beda, contohnya samsung menggunakan sistem operasi android keluaran google, sedangkan nokia menggunakan sistem operasi windows keluaran windows.
     
     Pasar smartphone saat ini dikuasi sebagian besar oleh smartphone berbasis android. Segmentasi pasar dari smartphone ini adalah kelas menengah ke bawah sehingga harga yang ditawarkan cukup terjangkau bagi masyarakat. Terbukti dengan banyaknya kalangan masyarakat yang telah menggunakan smartphone ini. Selain itu, kebanyakan masyarakat juga tertarik dengan smartphone android karena banyak produsen yang menawarkan smartphone  berbasis android dengan harga murah.

     Produsen smartphone lainnya yang tidak kalah popular oleh smartphone android adalah iphone. Iphone menggunakan sistem operasi ios keluaran apple. Smartphone ini tidak jauh berbeda dengan smartphone android, perbedaan yang paling menonjol adalah dari segi harga. Harga smartphone iphone jauh lebih mahal dari smartphone android, karena segmentasi pasar iphone adalah untuk kalangan menengah ke atas.

   Selain kedua jenis smartphone tersebut, ada smartphone yang menggunakan sistem operasi windows keluaran windows. Smartphone berbasis windows ini di tanamkan pada smartphone milik nokia. Namun, sekarang nama nokia sudah berubah menjadi windows phone. Hal ini dikarenakan semua saham telah dibeli windows, sehingga nokia dimiliki sepenuhnya oleh windows.

      Smartphone yang tidak kalah popular adalah BlackBerry buatan RIM. Kelebihan dari BlackBerry ini adalah memiliki fasilitas messeger tersendiri yang tidak dimiliki oleh smartphone lainnya. Namun, BlackBerry tidak bertahan lama merajai dunia smartphone semenjak Samsung mengeluarkan handphone berbasis android. Semenjak itu, pasar smartphone langsung diambil alih dan di kuasai oleh Samsung.

     Semenjak android menguasai pasar smartphone, BlackBerry terus mengalami kemunduran hingga banyak media yang menyatakan bahwa BlackBerry sudah bangkrut. Namun, pihak RIM terus membantah bahwa mereka mengalami kebangkrutan, mereka hanya mengatakan bahwa mereka mengalami penurunan penjualan saja dan masih dapat mengatasi masalah tersebut.

   Namun, sayangnya pernyataan itu terbantahkan dengan berita bahwa BlackBerry akan meluncurkan messeger andalannya yaitu BBM (BlackBerry Messeger) di smartphone lain. Dengan diluncurkannya messeger andalan BlackBerry tersebut dan mengganti nama perusahaan BlackBerry menjadi RIM, hal ini menunjukkan ada masalah di dalam perusahaan tersebut. Sehingga banyak yang menduga bahwa BlackbBerry sudah menjual messegernya tersebut kepada pihak lain agar bisa dipergunakan di dalam smartphone lain karena kebangkrutan yang di alami.

     Meskipun RIM sudah jelas mengalami kebangkrutan, RIM tetap berusaha untuk merajai kembali pasar smartphone. Hal ini dapat dilihat dengan diluncurkannya model terbaru BlackBerry oleh RIM. Smartphone tersebut diberi nama Q5 dan Q10.

   Pada smartphone terbaru keluaran RIM ini terdapat banyak spesifikasi yang lebih memadai. Menurut pemakainya smartphone ini hampir mirip dengan android, ini dapat dilihat dari aplikasi yang dapat di download di BlackBerry World melalui perangkat ini menyerupai aplikasi yang dapat di download di Play Store melalui perangkat android.

     Melalui smartphone ini ternyata BlackBerry mampu menarik pasar smartphone kembali. Melalui data penjualannya, smartphone ini memberikan kontribusi laba yang positif. Meskipun begitu, BlackBerry tetap kalah popular oleh android saat ini.

     Hingga kini pasar smartphone di Indonesia masih dikuasai oleh android, karena masyarakat sudah tidak asing lagi dengan smartphone ini. Karena produsen handphone melihat bahwa android memiliki potensi yang besar, maka mulai banyak produsen smartphone yang menggunakan sistem android keluaran google ini sebagai sistem operasinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar