Life doesn't get easier, you just get stronger

Selasa, 06 November 2012

Budaya Tawuran di Kalangan Pelajar



 

Akhir-akhir ini tawuran antar pelajar semakin marak terjadi. Tawuran ini biasanya di landasi dendam antar sekolah, dendam secara turun-menurun ini menjadikan sebuah budaya di kalangan para pelajar saat ini. Budaya tawuran ini biasanya menjadi tradisi turun-menurun dari para seniornya.

Padahal, banyak korban dari tawuran ini adalah pelajar yang baik dan tidak ikut dalam tawuran. Jadi sangat di sayangkan banyak korban meninggal dari tawuran ini, padahal mereka tidak tahu masalahnya.

Budaya tawuran seperti ini sulit diatasi, karena sudah menjadi kebiasaan di kalangan pelajar. Namun, peran sekolah dan orang tua sangat penting untuk mendidik murid serta anaknya agar tidak ikut dalam tawuran. Karena tawuran ini merugikan diri sendiri serta orang lain. Tapi, yang sangat berpengaruh adalah peran dari sekolah.

Sekolah memiliki peran besar dalam menghentikan budaya tawuran antar pelajar, yang masih saja terjadi. Tawuran biasanya dilakukan saat para pelajar pulang dari sekolah. Ada tawuran yang sudah direncanakan matang, dengan musuh yang menjadi "langganan".

Tapi ada juga tawuran jalanan yang terjadi begitu saja, tanpa rencana dan persiapan sebelumnya. Biasanya karena tidak sengaja bertemu di jalan atau sekolah mereka diserang duluan. Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh sekolah untuk menghentikan budaya tawuran.

Sekolah harusnya terus-menerus melakukan penyuluhan bagi muridnya mengenai bahaya dan akibat yang di timbulkan dari tawuran ini. Sekolah juga harus berani mengambil tindakan tegas bagi muridnya yang terbukti ikut dalam tawuran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar