Life doesn't get easier, you just get stronger

Kamis, 06 Desember 2012

BUDAYA DAN MASALAH SANDANG, PAPAN, PANGAN

Ki Hajar Dewantara mengatakan bahwa, budaya merupakan perjuangan manusia dalam mengatasi masalah alam dan zaman. Permasalahan yang paling mendasar bagi manusia adalah masalah Sandang, Papan, dan Pangan. Sandang itu pakaian, Papan untuk tempat berlindung (Rumah), dan Pangan adalah makanan. Ketika seseorang kekurangan gizi bagaimana ia akan menjadi orang yang cerdas. Ketika kebutuhan pokok saja tidak dapat terpenuhi bagaimana seseorang dapat berpikir maju dan menciptakan teknologi yang baru.

Jangankan untuk itu, permasalahan pemenuhan kebutuhan kita sangat mempengaruhi pola hubungan di antara manusia. Seseorang bahkan rela mencuri untuk dapat memenuhi kebutuhanya. Sehingga, dalam hal ini bukan hanya berdampak pada kemiskinan, kelaparan, kematian, akan tetapi akan berpengaruh dalam tatanan budaya-sosial masyarakat.

Karena tidak dapat memenuhi kebutuhanya, seseorang akhirnya melanggar budaya sosial masyarakat. Ia melanggar norma-norma yang berlaku dalam masyarakat tersebut. Hal ini tentu sangat merugikan masyarakat yang lain. Hal ini juga dapat menyebabkan pertengkaran dan perpecahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar