Life doesn't get easier, you just get stronger

Kamis, 06 Desember 2012

PONSEL MERUPAKAN KEBUDAYAAN KONSUMEN

Kecanduan teknologi di era yang semakin maju saat ini seakan menjadi hal yang lumrah. Survey yang dilakukan di Inggris menunjukkan bahwa orang dewasa menghasilkan tujuh jam sehari dalam berinteraksi dengan teknologi komunikasi.

Ponsel adalah bagian dari budaya konsumen. Ponsel tidak hanya dijadikan sebagai alat komunikasi saja, namun sebagai simbol status. Studi ini melibatkan responden usia 18 sampai 29 yang rata-rata mengirimkan 109,5 teks SMS per hari, atau sekitar 3.200 pesan per bulan. Mereka memeriksa ponsel mereka 60 kali dalam hari-hari biasa, dan lebih sering ketika mereka tidak ada aktivitas.

Bahkan bagi sebagian orang kehilangan akses pada ponsel mereka merupakan suatu bencana. Terutama bagi mereka yang lebih sering berinteraksi menggunakan  ponsel dari pada berinteraksi secara langsung. Mereka juga menganggap berinteraksi dengan ponsel lebih efisien ketimbang secara langsung, terutama jika berinteraksi dengan seseorang yang jaraknya jauh.

Kecanduan ponsel bahkan telah diberi nama “Nomophobia”, istilah yang diciptakan oleh para peneliti Inggris pada tahun 2008 untuk mengidentifikasi orang-orang yang mengalami kecemasan ketika mereka tidak memiliki akses teknologi mobile.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar