Life doesn't get easier, you just get stronger

Kamis, 06 Desember 2012

TANTANGAN MASYARAKAT DALAM KEBUDAYAAN MODERN TIRUAN

Tantangan yang sangat mengancam kita adalah Kebudayaan Modern Tiruan. Maksudnya “mengancam” di sini,  justru karena Kebudayaan Modern Tiruan tidak sejati, tidak substansial. Kebudayaan ini bersifat adalah semu. Kebudayaan ini membuat kita menjadi manusia palsu, manusia tanpa kepribadian, manusia terasing, dan manusia kosong.
Kebudayaan Modern Tiruan ini mempunyai daya tarik luar biasa, kebudayaan ini dapat mengalihkan pandangan asli kita tentang nilai, dan tentang status. Kebudayaan ini menawarkan kemewahan-kemewahan yang bahkan tidak pernah kita pikirkan dan bayangkan. Kebudayaan menjanjikan kepenuhan hidup, kemantapan diri, asal kita mau berhenti berpikir sendiri, berhenti membuat kita kehilangan penilaian kita sendiri. Akhirnya kita kehabisan identitas. Kebudayaan modern tiruan membuat kita lepas dari kebudayaan tradisional kita sendiri, sekaligus juga tidak menyentuh kebudayaan teknologis modern sungguhan (Suseno;1992).
Kebudayaan Modern Tiruan ini membuat kita kehilangan identitas akan Kebudayaan Tradisional kita. Kebudayaan ini membuat kita melupakan Kebudayaan Asli bangsa kita sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar